Aktivitas di hari kerja memang memaksa seseorang harus bekerja di balik laptop atau komputer sambil duduk dalam waktu yang lama. Bukan hanya merasa kelelahan, duduk dalam waktu lama bisa menyebabkan resiko terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas. Meskipun tidak punya waktu, namun kamu tetap bisa kok olahraga di kantor. Cukup dengan gerakan ringan saja, sudah membuat tubuh kamu bergerak.

Penyakit yang muncul akibat tubuh kurang gerak ini memang tidak terasa dalam waktu dekat. Mungkin sekitar 5 hingga 10 tahun yang akan datang. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mulai membiasakan diri melakukan olahraga di kantor di waktu yang tidak terlalu sibuk.

7 Tips Sederhana Olahraga di Kantor

1. Gerakan Duduk-Berdiri Berulang-ulang

Sebelum memulai gerakan olahraga ringan, sebaiknya mulailah dengan gerakan pemanasan. Tidak sulit, cukup dengan berganti posisi duduk ke posisi berdiri tanpa menggunakan bantuan tangan. Biarkan bahu tetap terbuka dengan posisi punggung yang tegap.

2. Gerakan Memutar Badan

Untuk melakukan gerakan sederhana ini, pertama-tama yang harus dilakukan adalah duduk dengan posisi tegap. Ambil napas perlahan kemudian hembuskan secara perlahan pula. Aturlah napas dan putar tubuh ke arah kanan sambil menggenggam sandaran kursi menggunakan tangan kanan. Tahanlah hingga beberapa detik. Kemudian lakukan prosedur yang sama untuk arah yang berbeda.

3. Gerakan Memutar Bahu

Sebelum memulai gerakan memutar bahu ini, pastikan kamu duduk dalam posisi yang tegap. Tarik napas dengan bahu diangkat setinggi telinga. Tahan beberapa detik sebelum posisi bahu kembali ke semula. Ulangi gerakan tersebut tiga kali.

4. Gerakan Peregangan Kaki

Meregangkan kaki juga perlu untuk menghilangkan rasa penat. Caranya, duduklah dengan posisi santau ke sandaran kursi. Tarik salah satu kaki hingga menyentuh dada, lalu peluk kaki tersebut. Tahanlah selama 30 detik sebelum kembali ke posisi kaki semula. Kemudian lakukan hal yang sama pada kaki sisi yang satunya.

5. Gerakan Peregangan Punggung

Atur posisi duduk di pinggir kursi, lalu luruskan kaki. Kemudian secara perlahan, turunkan badan untuk menyentuh jari kaki kanan, tahan lebih kurang 30 detik. Kembali ke posisi semula dan lakukan ke arah sisi yang satunya.

6. Gerakan Peregangan Leher

Duduklah dengan tegap, angkat salah satu tangan ke atas dan luruskan. Kemudian, tarik kepala ke arah tangan tersebut hingga menyentuh bahu. Ini bertujuan agar otot-otot di leher lebih regang. Tahanlah hingga 15 detik. Kemudian, lakukan bergantian sisi.

7. Gerakan Push Up Meja

Gerakan sederhana yang satu ini ternyata mampu memberi efek bagi seluruh tubuh kamu. Cara melakukannya cukup mudah, tempatkan kedua tangan di pinggir meja, lalu tumpukan berat badan seluruhnya pada kedua tangan tersebut. Usahakan posisi tubuh kamu lurus dengan menjajarkan kaki sebaik mungkin. Lakukan gerakan push up seperti biasa sambil mengatur pola pernapasan.

Selain melakukan olahraga di kantor, cukupi juga kebutuhan air mineral tubuh setiap hari agar tetap fit. Sebab, faktor kesehatan tubuh lainnya juga dipengaruh oleh kecukupan konsumsi air kemasan. Air mineral yang baik dikonsumsi adalah air kemasan Le Minerale Mayora. Kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya berfungsi memelihara kekuatan tulang dan juga kesehatan kulit. Jangan sembarang memilih air mineral yang akan dikonsumsi. Selain itu, terdapat juga kandungan magnesium yang bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung, dan kandungan sodium yang membantu mengatur cairan dalam jaringan tubuh dan darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here