Bagi seorang karyawan yang digaji sekali sebulan saja, sering kali akan merasa bokek padahal baru pertengahan bulan. Fenomena ini bukanlah hal baru lantaran tidak adanya perencanaan. Padahal belanja bulanan akan jauh lebih hemat dengan menggunakan promo voucher yang dengan banyak diberikan merchant-merchant.

Hal ini kebanyakan karena lifestyle yang menuntut keinginan yang harganya tinggi. Padahal kebutuhan haruslah jadi prioritas utama. Meskipun kamu dapet promo voucher untuk barang incaran, tetap saja kamu harus mendahulukan kebutuhan di atas segalanya. Promo akan membantu kamu menghemat banyak uang, asal dimanfaatkan dengan bijak.

Namun, tak perlu sedih. Tidak ada kata terlambat untuk mencoba tips berhemat agar kehidupan dalam satu bulan tetap tercukupi.

Tips Hemat Belanja Bulanan

  • Buat daftar keperluan

Sebelum berbelanja, pastikan untuk membuat daftar belanjaan barang yang menjadi kebutuhan. Ini bertujuan agar kamu fokus saat berbelanja, mencari barang yang benar-benar dibutuhkan, bukan tergiur dengan keinginan.

  • Bawalah uang seadanya saat belanja

Tips belanja hemat untuk bulanan yang pertama adalah dengan membawa uang secukupnya. Ini akan membuat kamu menjadi lebih hemat dan akan lebih efektif. Sebab, jika kamu tipe orang yang impulsive saat berbelanja, jumlah uang ini akan membuat kamu jadi lebih berhemat dan membeli apa yang menjadi kebutuhan saja.

  • Belanja di pasar tradisional

Belanja di pasar tradisional sebenarnya jauh lebih murah dibanding barang yang ada di supermarket. Hal ini karena adanya kenaikan harga akibat pajak. Jadi jangan malas ke pasar tradisional ya!

  • Bandingkan harga sebelum membeli

Agar pengeluaran semakin hemat, jangan males buat bandingin harga barang yang punya kualitas dan fungsi yang sama ya. Tentu saja ini menguntungkan kamu. Pilihlah barang yang jelas manfaatnya.

  • Kurangi membeli makan di luar

Jika ingin hemat, pastikan untuk mengurangi makan di luar. Hal ini karena makanan yang dijual di luar cenderung lebih mahal dan belum terjamin sehat. Namun, bila ada promo voucher makan yang memang murah dan kurnag dari budget makan harian kamu, tentu tak ada salahnya untuk dimanfaatkan.

  • Catatlah pengeluaran bulanan

Ini penting, sebab dengan cara ini, kamu bisa melihat semua pengeluaran bulanan yang sudah kamu habiskan. Selain untuk mengontrol arus kas, catatan pengeluaran ini untuk mengetahui barang dengan nominal termahal untuk dipertimbangkan kembali nantinya, mencari barang dengan fungsi sama namun harganya lebih murah.

  • Gunakan promo voucher saat berbelanja

Biasanya voucher ada dan dikirim lewat info di media sosial, email, katalog online, maupun situs promo tertentu. Ini akan bermanfaat saat kamu berbelanja online maupun di merchant yang terkenal suka berbagi promo.

Pastikan sebelum berbelanja untuk mengecek promo voucher terlebih dahulu agar barang yang kamu bisa berhemat. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here