Meskipun memiliki siklus atau kalender haid yang berbeda, namun normalnya siklus haid berlangsung selama 21—35 hari. Beberapa hal dapat menyebabkan siklus haid kurang atau lebih dari waktu normal. umumnya hal tersebut terjadi karena perubahan hormon dan gaya hidup yang kurang baik. Bagaimana cara mengatasi haid tidak lancar? Berikut pembahasannya.

Yoga

Yoga bisa menjadi cara melancarkan haid yang efektif. Melakukan gerakan yoga secara rutin selama 35-40 menit selama 5 kali seminggu terbukti mampu menyeimbangkan hormon, sehingga siklus haid akan menjadi lancar. Selain itu yoga juga bisa mengurangi rasa sakit yang kerap muncul saat menstruasi.

Hindari Aktivitas yang Berat

Kelelahan juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan haid tidak lancar. Oleh sebab itu  sebaiknya hindari aktivitas berat selama menstruasi. Pasalnya proses menstruasi membutuhkan sejumlah energi, ketika energi habis maka siklus atau kalender haidbisa jadi terlambat.

Hindari Stres

hindari stres saat haid

Ketika seorang wanita mengalami tekanan mental seperti stres, maka produksi hormon esterogen dan progesteron akan terganggu. Perubah hormon ini dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak lancar. Oleh sebab itu menghindari stres bisa jadi cara melancarkan haid yang efektif.

Anda bisa melakukan berbagai hal untuk menghilangkan stress, seperti berolahraga, pijat atau spa dan melakukan aktivitas-aktivitas lainnya yang Anda sukai. Hal tersebut akan membantu mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh Anda.

Jaga Asupan gizi

Hormon esterogen dan progesteron dipengaruhi oleh kinerja hipotalamus. Asupan gizi yang baik dapat menjaga kinerja hipotalamus tetap optimal sehingga haid menjadi lacar. Hindarilah merokok dan makanan yang tidak sehat seperti junk food, makanan berlemak, minuman bersoda dan alkohol.

Mulailah mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan segar, sayur-sayuran dan makanan lain yang kaya gizi. Perlu diingat bahwa yang terpenting adalah kualitas makanan yang Anda konsumsi bukan kuantitasnya.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat menjaga stamina dan mengurangi resiko stres. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap siklus haid. Normalnya seseorang memerlukan istirahat 6—8 jam sehari.

Itulah beberapa cara efektif mengatasi siklus haid yang tidak lancar. Agar tidak stres selama haid, pemilihan pembalut yang nyaman seperti juga penting. Pembalut yang nyaman dapat membantu Anda menjalani aktivitas dengan normal selama menstruasi, termasuk berolahraga yang penting untuk menghilangkan stres. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here