Virus corona hingga saat ini belum menampakkan tanda akan segera musnah di Indonesia. Hingga saat ini jumlah kasus positif mencapai lebih dari 4.000 jiwa dan merenggut nyawa lebih dari 400 jiwa. Meski diberitakan bahwa penderita corona bisa sembuh dengan sendirinya, dan kebanyakan dari mereka yang positif tanpa gejala, akan tetapi masih ada juga penderita yang meninggal dunia. Mereka kebanyakan merupakan orang dengan faktor resiko besar seperti para manula, mereka dengan riwayat penyakit hipertensi, diabetes, penyakit paru-paru, autoimun, dan AIDS. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tersebut, atau keluarga dengan faktor resiko tinggi, perlu menerapkan tindakan pencegahan ekstra untuk membantu mengurangi kemungkinan tertular virus covid19.

Berikut ini adalah tips sehat untuk Anda yang memiliki manula di rumah agar tidak membawa virus dan menulari orang tua.

  1. Tidak keluar rumah.

Tindakan pencegahan yang paling baik adalah dengan tidak keluar rumah baik orang tua ataupun keluarga yang lain. Dengan begitu Anda tidak akan kontak dengan orang lain yang bisa jadi merupakan sumber virus atau carrier.

  1. Jaga jarak dengan orang tua.

Jika Anda terkadang masih keluar rumah untuk bekerja, maka lakukan jaga jarak dengan orang tua di rumah. Terapkan hal ini juga untuk anggota keluarga lainnya khususnya anak-anak yang sering kali masih kedapatan bermain di luar rumah. Terapkan juga physical distancing dengan tidak bersentuhan dengan orang tua karena kita tak pernah tahu ada atau tidak virus yang menempel di tubuh kita.

  1. Sering cuci tangan.

Virus corona bukan hanya bisa menular secara langsung melalui droplet yang terhirup saat penderita batuk, bersin atau bicara, namun juga bisa disebabkan karena kontaminasi tangan atau benda yang kemudian tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh manusia. untuk pencegahannya, lakukan cuci tangan sesering mungkin dengan air mengalir dan sabun agar Anda tidak menjadi sumber penularan.

  1. Menerapkan tata cara bepergian dan pulang ke rumah.

Saat Anda harus meninggalkan rumah untuk bekerja, agar memperkecil kemungkinan terkontaminasi virus covid19, jangan lupa menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan menggunakan pakaian tertutup. Setelah sampai di rumah, jangan langsung menemui keluarga, namun cuci tangan, ganti pakaian, bersihkan barang yang dibawa dari luar menggunakan cairan desinfektan.

  1. Makan makanan sehat bergizi seimbang.

Memerangi virus covid19 selain dilakukan dari luar dengan kebiasaan-kebiasaan bersih dan higienis juga harus dilakukan dari dalam dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang guna meningkatkan sistem kekebalan imun tubuh. dengan sistem imun yang kuat, tubuh bisa menangkal masuknya bibit penyakit termasuk virus.

  1. Disiplin.

Lakukan tips di atas dengan disiplin setiap harinya dengan mengingat bahwa ada keluarga yang lebih rentan dibandingkan kita sehingga setiap langkah harus dilakukan dengan lebih waspada.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dan keluarga termasuk manula akan memiliki kemungkinan terkena infeksi virus corona lebih kecil. Namun juga terjadi gejala batuk pilek, Anda juga tak perlu khawatir berlebihan karena ada banyak penyakit dengan gejala yang sama. Lakukan konsultasi dengan dokter secara online melalui Halodoc sehingga Anda tidak perlu membawa manula ke rumah sakit yang justru akan mempermudah penularan virus di luar rumah. Agar Anda tetap bisa di rumah saja, Halodoc juga bisa mengirimkan obat yang dibutuhkan langsung ke rumah Anda. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here