Terganggunya pendengaran ternyata dapat disebabkan seringnya berada di tempat bising. Pada awalnya, Pendengaran Anda tidak akan menurun, tetapi jika terus berada di tempat bising maka dapat menyebabkan pendengaran menurun. Batas aman suara yang dapat didengarkan manusia adalah 80 desibel. Jika Anda terbiasa di tempat yang memiliki tingkat kebisingan lebih dari 80 desibel, maka dapat menyebabkan masalah pendengaran bahkan ketulian.

Berikut beberapa tempat bising yang perlu dihindari untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran, antara lain:

1. Konser musik

konser musik penyebab gangguan pendengaran

Konser musik memiliki tingkat kebisingan di atas 100 desibel. Sebaiknya jangan terlalu sering menghadiri konser musik karena dapat menyebabkan masalah pendengaran, terutama jika mendengarkan konser musik rock. Saat menghadiri konser, sebaiknya hindari memilih tempat duduk di dekat speaker.

2. Tempat bermain anak di mal

Tempat bermain anak ternyata memiliki tingkat kebisingan 96.1 desibel. Hal ini karena tempat bermain anak dipasangi oleh musik bervolume tinggi. Selain itu, suara teriakan anak juga membuat tempat ini semakin berisik. Beberapa mesin permainan ternyata juga memiliki tingkat kebisingan lebih dari 100 desibel. Tentunya hal ini akan semakin membahayakan pendengaran.

3. Angkutan umum

Angkutan umum biasanya dilengkapi dengan musik bervolume tinggi. Bahkan tingkat kebisingan angkutan umum bisa lebih dari 100 desibel. Anda hanya diperbolehkan berada ditempat dengan tingkat kebisingan lebih dari 100 desibel selama 5-15 menit saja.

4. Bengkel sekolah

Sekolah menengah kejuruan teknik biasanya mengadakan praktik dengan mesin-mesin bersuara keras. Bahkan tingkat kebisingan mesin bisa lebih dari 80 desibel. Saat praktik, sebaiknya siswa diwajibkan menggunakan penutup telinga untuk menghindari masalah pendengaran yang dapat terjadi.

Jika Anda terbiasa berada di tempat-tempat bising, sebaiknya segera mengurangi untuk menghindari munculnya masalah pendengaran. Jika merasa mengalami pendengaran menurun, sebaiknya segera periksa ke dokter THT. Beberapa tanda-tanda saat mengalami masalah pendengaran yaitu sering meminta orang lain mengulang perkataan, kesulitan mendengarkan huruf konsonan, bingung menentukan sumber suara, dan terbiasanya mendengarkan musik dan televisi dengan volume yang lebih keras. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mendengarkan apa yang dikatakan orang lain, kemungkinan mengalami masalah pendengaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here