Meski punya sakit asam urat, Anda tetap perlu berolahraga. Olahraga seperti apa yang bisa dipilih?

Olahraga penting untuk menjaga kesehatan. Bahkan bagi Anda yang menderita sakit asam urat, berolahraga bisa membantu menjaga agar kondisi Anda tak bertambah buruk.

Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih olahraga yang aman agar tidak membebani sendi dan membuatnya semakin nyeri. Salah satu jenis yang harus dihindari adalah olahraga berat karena adanya risiko dehidrasi dan peningkatan asam urat dalam darah akibat hal tersebut.

Lalu olahraga seperti apa yang sebaiknya dipilih? Berikut lima jenis olahraga yang bisa Anda lakukan:

  • Yoga

Gerakan-gerakan yang terdapat dalam yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan melatih kelenturan tubuh Anda. Selain itu berlatih yoga juga bisa membantu Anda agar tidur lebih nyenyak dan membuat lebih bersemangat.

  • Senam
olahraga senam penderita asam urat

Tentu saja dalam hal ini yang dimaksud adalah senam ringan. Tujuannya agar sendi lebih fleksibel dan mudah bergerak. Contohnya: Anda bisa melatih kaki dengan memutar pergelangan kaki dalam gerakan melingkar.

  • Kardio

Olahraga yang satu ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengendalikan berat badan, dan meningkatkan energi. Pilih latihan kardio ringan seperti joging atau menari.

  • Berenang

Berenang baik untuk penderita asam urat karena olahraga ini tidak menekan sendi. Anda bisa menjadikannya salah satu pilihan agar tubuh tetap sehat tanpa harus membuat sendi terbebani.

  • Jalan Kaki

Meski olahraga ini tergolong murah (tanpa biaya sama sekali), Anda tetap bisa menikmati manfaatnya. Selain membakar kalori, jalan kaki juga bisa menguatkan otot tanpa membuat sendi terbeban.

Meski menderita sakit asam urat, sediakan waktu untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar. Konsultasikan kesesuaian kondisi Anda dengan pilihan olahraga yang akan Anda coba pada dokter. Selain itu, tentu saja jangan lupa untuk menjaga pola makan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here