Internet satelit VSATmerupakan sebuah inovasi cemerlang untuk membantu permasalahan jaringan internet yang terjadi di pelosok Indonesia. VSAT sendiri merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal yang merupakan stasiun penerima sinyal dan pertama kali digunakan di Amerika pada tahun 1980.

Dengan adanya layanan ini, daerah-daerah pelosok yang tidak terjangkau kabel, fiber optic dan juga data seluler akhirnya bisa mengakses internet dengan lebih mudah. Selain memberikan kemudahan tersebut, internet satelit ini juga memiliki kelebihan lain. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Apa Saja Keunggulan Internet Satelit?

Internet satelit sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jaringan internet pada umumnya, hanya saja perbedaannya adalah pada penggunaan antena parabola sebagai penangkap sinyal untuk internet satelit.

Sementara untuk sistem yang digunakan internet satelit, VSAT ini mengadopsi dari TDA dan TDMA dimana sebuah piringan bisa menjangkau piringan di tempat lain yang lokasinya jauh. Lalu, apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh layanan ini? Untuk lebih jelasnya berikut rinciannya.

  • Jangkauannya Luas

Internet satelit ini memiliki jangkauan yang luas hingga bisa mencapai daerah pelosok. Bahkan beberapa data menyebutkan bahwa internet satelit ini jangkauannya bisa mencapai setengah bumi.

  • Proses Pemasangan Lebih Mudah

Jika dibandingkan dengan pemasangan dan instalasi fiber optik dari bawah tanah, pemasangan internet satelit ini lebih mudah dan juga ringkas. Dengan begini pastinya Anda lebih mempersingkat waktu dan juga tenaga.

  • Perawatannya Lebih Mudah

Selain lebih mudah dipasang dan diinstall, internet satelit ini juga menguntungkan karena perawatannya pun lebih mudah sehingga saat terjadi permasalahan pun jadi semakin cepat diatasi.

Bagaimana Cara Menggunakan Internet Satelit?

Penggunaan internet satelit ini sebenarnya cukup mudah dan Anda pun bisa memasangnya menggunakan antena parabola atau modem. Nah, jika Anda lebih memilih antena parabola sebaiknya perhatikan tips pemasangannya di bawah ini. 

  1. Pilih Operator

Pilihlah operator penyedia internet yang bisa digunakan di daerah Anda. Bandingkan antara satu penyedia jasa internet dengan yang lainnya, karena biasanya penawaran dan fitur yang mereka miliki berbeda.

  1. Pasang Piringan dengan Arah yang Tepat

Jika menggunakan piringan, pastikan bahwa Anda sudah memasangnya ke arah yang tepat. Nah, arah yang tepat untuk pemasangan piringan di Indonesia adalah ke arah khatulistiwa.

  1. Pilih Tempat yang Tepat

Saat memilih tempat pemasangan piringan, pastikan tempatnya tinggi dan terbuka. Hal ini tujuannya adalah untuk memudahkan mendapatkan sinyal.

Pemasangan internet satelit di atas pastinya cukup mudah dilakukan, namun jika Anda masih ragu dan khawatir tidak bisa memasangnya dengan tepat, tak perlu bingung karena kini sudah ada Hypernet yang siap membantu. Sebagai perusahaan Managed Service Provider, Hypernet siap membantu dan menyediakan kebutuhan konsumen agar bisa mendapatkan layanan internet terbaik. Jadi, percayakan kebutuhan internet Anda hanya dengan Hypernet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here