ohduniaku.com, Ketika kamu telah lulusan dari Sekolah Menengah, tentu kamu akan memasuki dan merasakan gimana serunya dunia perkuliahan. Sebelum itu, kamu akan mencari minat dan bakat kamu melalui jurusan yang kamu gemari. Taukah kamu ada jurusan yang selama ini dianggap sepele namun sebenarnya berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Iya, jurusan itu adalah jurusan bahasa inggris dan jurusan bimbingan konselor.

Bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional yang memudahkan kita untuk bertemu dengan orang asing. Pentingnya mempelajari bahasa inggris sedini mungkin agar kita mampu berkomunikasi untuk menambah pertemanan dengan teman-teman di belahan dunia.

Jurusan bahasa inggris merupakan jurusan yang menarik. Kamu akan mempelajari bahasa inggris secara literatur, linguistik dan penerjemahannya. Selanjutnya, jurusan bimbingan konselor. Pada jurusan ini kamu nantinya akan diajarkan cara membina dan menemukan solusi dari masalah siswa. Kamu juga bisa menjadi seorang konselor pendidikan nantinya. Hebat bukan?

Bagi kamu yang bermukim di Bandung, dua jurusan tersebut bisa kamu jumpai di beberapa universitas terbaik di Bandung. Selain Yogyakarta, kota Bandung merupakan salah satu kota para pelajar yang ingin menempuh pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi.

Berikut beberapa Universitas yang memiliki jurusan bahasa inggris di Bandung maupun jurusan bimbingan konselor di Bandung  :

Universitas Pendidikan Indonesia Bandung (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI

Universitas ini menganut sistem multikampus. Kampus utama  terletak di Jalan Dr. Setiabudi No.229, Isola, Surakarta, Kota Bandung, Jawa Barat, dengan nomor telepon (022) 2013163. Sedangkan kampus  lainnya terletak di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta dan Serang.

Pembayaran uang kuliah di UPI menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan beberapa tingkatan. Untuk jurusan bimbingan konselor bervariasi dimulai dari kelompok III sebesar Rp. 2.925.000 hingga kelompok VIII sebesar Rp. 5.460.000.

Pada jurusan bahasa inggris UPI membedakan menjadi dua jurusan yakni Bahasa dan Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Sistem pembayaran uang kuliah juga sama dengan jurusan bimbingan konslor hanya harganya berbeda. Pada jurusan bahasa dan sastra inggris dan jurusan pendidikan bahasa inggris sama.  Dimulai dari kelompok III sebesar Rp. 3.255.000 hingga kelompok VIII sebesar Rp. 6.020.000.

Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung

Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung

Universitas ini beralamat di jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614, nomor telepon (022)7800525. Universitas ini memberikan kesempatan bagi kamu lulusan SMA/MA dan khususnya tamatan pesantren untuk bisa melanjutkan perkuliahan di sini.

Bagi kamu yang berminat dengan universitas ini, kampus ini juga menyedikan jurusan bahasa inggris dan jurusan bimbingan konselor. Namun untuk namanya berbeda yakni jurusan pendidikan bahasa inggris dan jurusan bimbingan dan penyuluhan islam.

Biaya kuliah Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung terbagi menjadi dua yaitu biaya kuliah tunggal dan pengelompokkan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Biaya kuliah tunggal sebesar Rp. 4.489.885, sementara Uang Kuliah Tunggal dimulai dari kelompok I sebesar Rp. 0- Rp. 400.000 hingga kelompok III sebesar Rp. 1.502.500.

Ma’soem University

Ma’soem University

Universitas ini beralamat di Jalan Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Kota Bandung dengan nomor telepon 08156033022. Selain Universitas, Ma’soem sendiri memiliki beberapa jenjang pendidikan yang sangat lengkap.

Untuk jenjang pendidikan formal Mas’oem memiliki jenjang pendidikan dimulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga Universitas. Pada jenjang pendidikan non formal Ma’soem memiliki Pesantren Siswa Al Mas’oem (PSAM), kursus komputer dan bahasa (LPK & LPB), Bbmbingan belajar, kursus dan animasi.

Berbeda dengan beberapa kampus lainnya, pada jurusan Bimbingan Konseling Ma’soem menawarkan keahlian khusus yang nantinya bisa dipergunakan oleh alumninya. Keahlian khusus tersebut antara lain Expressive Art Therapy, Cognitive Behaviour Therapy, Solution Brief Therapy, Impact Therapy, Hypnotheraphy, Applied Behaviour Therapy.

Bagi kamu yang memiliki minat pada bahasa inggris, Ma’soem memiliki jurusan pendidikan bahasa inggris. Ma’soem memiliki tenaga pengajar yang professional, bersertifikasi serta memiliki jaringan internasional yang bisa memperlancar bahasa inggrismu.

Untuk biaya kuliah di Ma’soem University sangat terjangkau bagi mahasiswa. Berbeda dengan perguruan tinggi swasta lainnya, kampus ini tidak menerapkan sistem pembayaran melalui jumlah SKS. Mahasiswa juga tidak dikenakan biaya ujian, modul serta praktikum. Kamu cukup membayar 3 juta-an yang hanya dibayar 1x ditahun pertama saja.

Itulah beberapa universitas terbaik yang memiiliki jurusan bahasa inggris dan jurusan bimbingan konseling terbaik di bandung. Ketiga universitas tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bagi kamu yang ingin mendalami mengenai jurusan bahasa inggris dan jurusan bimbingan konseling secara murni kamu bisa memilih Universitas Pendidikan Indonesia dengan biaya yang cukup mahal atau Ma’som University dengan biaya terjangkau. Bagi kamu yang ingin mempelajari bimbingan dan konseling melalui prespektif Islam, Universitas Islam Gunung Djati dirasa cocok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here