Lebih dari satu dekade SUV Daihatsu Terios tidak mengalami perubahan. Namun, agar penggemar setia tidak bosan dengan tampilan yang begitu saja, Daihatsu menghadirkan All New Terios selaku generasi kedua. Hampir secara keseluruhan mengalami perubahan, mulai dari eksterior, interior serta fitur mobil Terios yang lebih modern dan terlihat elegan.

Tentu saja fitur yang disematkan di All New Terios ini jauh lebih lengkap dari generasi pertama. Sehingga sistem keselamatan dan keamanannya lebih optimal. Generasi ini memiliki 2 tipe berbeda, yaitu tipe R dan X dengan varian transmisi manual yang berbeda pula. Harga mobil Terios ini juga berbeda sesuai variannya, yang paling mahal adalah varian Deluxe.

Eksterior Lebih Tangguh

Tampilan fisik desain mobil Terios ini merupakan bagian yang menarik para konsumen. SUV milik Daihatsu ini memiliki desain yang stylish. Pada bagian depan, penampilan lampu depan lebih modern dengan menggunakan New LED Headlamp dengan LED Position Lamp yang akan memberikan penerangan lebih maksimal, terlebih di malam hari.

Kesan mewah semakin jelas dengan adanya New Fog Lamp Chrome Bezel. Ditambah bumper New Front Aerokit yang terlihat lebih kokoh dan dinamis dengan skid plate.

Di bagian samping, kesan tangguh dan gagah semakin terasa dengan desain New Chrome Window Graphic yang lebih modern dan stylish. Beranjak di bagian belakang, penerangan akan semakin maksimal dengan adanya New LED Rear Combination Lamp with LED Tail Lamp.

Begitu pula dengan bumper belakang yang turut tampil kokoh dengan adanya Silver Skid Plate Two One Color sehingga menjadi sangat atraktif. Tampilan luar All New Daihatsu Terios ini membuat para penggemar SUV di Indonesia tertarik.

Interior dengan Fitur Masa Kini

Setelah melihat tampilan luar yang tangguh, bergeser untuk melihat fitur-fitur interior yang ditawarkan. Fitur mobil Terios yang paling mencolok pertama adalah bagian dashboard depan yang ditambahkan head unit dengan layar sentuh LCD 2DIN untuk menampilkan beberapa hiburan.

Proses pemarkiran mobil akan semakin mudah dengan adanya Around View Monitor. Ada dua lubang AC di atas layar sentuh yang akan membuat suhu dalam kabin lebih sejuk dan membuat semua penumpang merasa nyaman. Apalagi pengaturan AC ini juga lebih mudah karena terletak di bagian tengah konsol dengan tampilan digital auto AC.

Di bagian kemudi, ada Meter Cluster with MID yang memberikan tampilan informasi lengkap untuk para pengemudi. Setir pun terbuat dari material kulit masa kini dengan steering switch yang akan membuat pengemudi semakin nyaman dan mudah berkonsentrasi.

Bagian jok juga menjadi sorotan karena didesain dengan warna yang menawan lengkap dengan pattern elegan. Untuk hiburan di dalam mobil, pihak Daihatsu menyematkan speaker 6 Mid Range Speaker dan 2 Tweeter untuk menunjang kualitas suara. Ruang kabin juga lebih luas demi menjaga kenyamanan para penumpang.

Kinerja Mesin Maksimal

All New Terios ini dibekali mesin pacu tipe 2NR-VE 1.500cc, serta 4-silinder segaris DOHC serta teknologi dual VVT-i sehingga menjanjikan performa optimal serta penggunaan bahan bakar yang lebih irit.

Tenaga maksimal yang mampu diberikan Daihatsu Terios diklaim hingga 104 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi 136 Nm di putaran 4.200 rpm. Mobil generasi kedua ini juga diklaim irit bahan bakar karena menggunakan teknologi EFI yang mampu mengoptimalkan penggunaan bahan bakar.

Dimensi Semakin Sempurna

Pada sektor dimenasi, Daihatsu Terios ini terlihat semakin sempurna. Ukuran bodi lapang yang diusung membuatnya terlihat gagah. Bodi sendiri berukuran panjang 4.435 mm x tinggi 1.705 mm x lebar 1.695 mm. Sedangkan di bagian sisi lain, jarak sumbu rodanya bahkan hingga 2.685 mm dengan jarak tinggi dari tanah 220 mm. Sehingga mobil ini dijamin nyaman saat ditumpangi banyak orang.

Bagian kaki-kaki sendiri, Daihatsu mengandalkan tipe suspensi McPherson Strut dengan Stabilizer dan Per Keong yang disematkan pada bagian depan. Pada bagain belakang, dilengkapi dengan 5 link, stabilizer, serta Rigid Axe dengan Per Keong.

Ada dua varian velg yang digunakan, yaitu tipe Velg Alloy 17″ dengan dibalut ban ukuran 215/60 R17 dan Velg Alloy 16″ dengan ban ukuran 215/65 R16.

Fitur Mobil Terios yang Canggih

Selain fitur yang sudah dijelaskan di atas, Ada juga beberapa fitur canggih lain yang juga disematkan. Terios terbaru ini menggunakan fitur rem ABS yang memberikan kualitas pengereman lebih canggih dan sempurna. Sehingga tingkat kecelakaan bisa diminimalisir.

All New Terios juga dilengkapi dengan dual SRS Airbag yang akan melindungi para penumpang saat adanya benturan keras. Ada juga 2 DIN Touchscreen yang memberikan beberapa sistem hiburan seperti USB, DVD, Aux In, Mirroring, Tuner, dan Rear Parking Camera.

Pelbagai fitur mobil Terios di atas sesuai dengan harga jualnya. Kenyamanan yang akan dirasakan penumpang akan sepadan dengan harga mobil Terios, yang ada di kisaran harga Rp195 jutaan hingga Rp247 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here