Sofa dijadikan sebagai pengganti kursi yang dinilai lebih nyaman. Selain nyaman, penggunaan sofa juga dianggap mampu menampilkan sisi keindahan suatu ruangan. Saat ini pun hampir semua rumah telah dilengkapi dengan sofa. Mengenai jenisnya, sofa terdiri dari beragam tipe, seperti single seater, double seater, L kursi tamu, daybed, dan masih banyak lainnya. Baru-baru ini pun muncul model sofa terbaru yang mampu memikat hati siapapun yang melihatnya. Sofa terbaru tersebut ialah sofa bakpao dari ban bekas.

Tak hanya keren, sofa bakpao dari ban bekas ini juga kreatif. Sama halnya namanya, sofa ini dibentuk menyerupai bakpao. Sofa bakpao ini termasuk kerajinan yang memanfaatkan barang-barang bekas, yakni ban bekas. Ban bekas yang sudah tak terpakai bisa digunakan kembali dan dirombak menjadi sofa yang layak pakai. Walaupun terbuat dari ban bekas, sofa bakpao ini sama sekali tak terlihat aneh ataupun kurang menarik. Justru sebaliknya, sofa bakpao sangat mencuri perhatian dan bahkan selalu laris di pasarkan.

Sofa Bakpao dari Ban Bekas

Kreasi sofa bakpao dari ban bekas sudah dilakukan oleh banyak pengrajin, salah satunya Indrie. Indrie selama ini memang menggeluti dunia kreasi yang terbuat dari bahan-bahan bekas plastik menjadi hiasan rumah berupa taman bunga sintetis. Semua kreasinya pun menjadi bernilai ekonomis. Bermula dengan melihat banyaknya limbah ban, Indrie tertarik untuk membuat kerajinan dari limbah ban. Indrie pun mencoba membuat kerajinan sofa yang bahan dasarnya menggunakan ban bekas.

Sofa bakpao dari ban bekas dikreasikan menggunakan motif dan warna yang berbeda dari jahitan bahan kainnya. Sekitar satu bulanan terus meningkatkan kualitas dan promosi produk dengan harga yang terjangkau. Alhasil, dalam 4 bulan terakhir telah mencapai lebih dari 60 paket sofa bakpao terjual dengan harga bervariatif, mulai dari Rp. 900.000 hingga Rp. 1.600.000. Tak hanya dari lokal Banjarnegara saja, pembeli sofa bakpao ini juga sudah mencakup nasional, seperti dari Salatiga, Jakarta, hingga Banten.

Sebagai furniture yang memiliki elemen estetis, sofa ini bisa anda tempatkan di ruang-ruang inti, seperti halnya ruang keluarga, ruang baca, ruang tamu, ruang kerja, dan foyer. Supaya sofa bisa berfungsi secara maksimal sebagai elemen estetis, maka anda bisa memberikan sentuhan warna yang mencolok. Diikuti juga dengan bantal sarung shocking colours ataupun seat cover. Hal yang paling penting ialah adanya saling mengisi antara sofa dengan dinding latar belakang.

Tips Memilih Sofa Bakpao

Saat anda ingin menggunakan sofa bakpao dari ban bekas, pastikan anda memilih sofa yang tepat. Adapun salah satu tips memilih sofa bakpao yang tepat ialah dengan memperhatikan warnanya. Apabila anda memiliki anak kecil, anda jangan memilih sofa yang berwarna putih ataupun cerah. Hal ini dikarenakan anak pastinya main ke sana. Apabila sofa dikotori, maka bisa terlihat dengan jelas apabila warnanya putih. Maka dari itu, pilihlah warna sofa yang cukup gelap saja. Dengan begitu, kotoran ataupun noda yang tak bisa dihilangkan dapat disamarkan.

Warna dari sofa bakpao juga dapat dipilih sesuai dengan warna rumah anda. Anda jangan memilih sofa bakpao dengan warna yang tak dapat menyatu dengan ruangan. Jika sofa anda letakkan di kamar ataupun ruangan tengah mungkin tak masalah. Akan tetapi, jika anda letakkan di ruang tamu, maka tamu bisa melihat sofa bakpao itu tampak aneh karena tak menyatu dengan furniture lainnya. Maka dari itu, penting bagi anda untuk menyesuaikan warna sofa dengan warna rumah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here