Wisata alam banyak dikunjungi oleh pengunjung yang ingin merilekskan pikiran dan badan. Adapun salah satu wisata alam yang sangat recommended untuk anda kunjungi ialah Pantai Kondang Bandung. Meski dinamakan Kondang Bandung, pantai ini tak berlokasi di Kota Kembang, Bandung, melainkan di Malang, Jawa Timur. Sebagai wisata alam terpopuler di Malang, pantai ini memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Pantai ini mempunyai potensi yang luar biasa, khususnya kandungan pasir besi hitamnya yang diduga bernilai tinggi.

Keberadaan pasir besi hitam tersebut tak hanya menjadi keunikan bagi Pantai Kondang Bandung. Banyak calon investor yang datang dari luar negeri, salah satu diantaranya ialah Jepang. Calon investor dari Jepang rupanya sangat terpikat untuk mengembangkannya. Jepang bahkan sudah melakukan survey pada awal tahun 2012 lalu. Adapun contoh pasir mereka bawa guna diteliti kandungannya. Maka dari itu, pantai ini sangat layak anda masukkan ke dalam list destinasi wisata anda.

Lokasi dan Rute Pantai Kondang Bandung

Pantai ini berlokasi di Dusun Sumber Belimbing, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk anda yang ingin menuju lokasi pantai ini, anda bisa melalui rute Malang, Kepanjen, Pagak, Sumbermanjing Kulon, Donomulyo, Desa Purwodadi. Selain rute tersebut, anda juga bisa langsung susur pantai ke Pantai Kondang Wetan, Pantai Modangan, dan Pantai Kondang Bandung. Akses jalannya cukup sulit dilalui sehingga anda harus berhati-hati.

Parkir kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor tak bisa mendekat ke lokasi pantai. Anda harus berjalan kaki untuk menuruni bukit dikarenakan ketinggiannya sangat curam. Saat anda berjalan menuju pantai, anda harus berhati-hati sebab jalan setapak yang ditempuh penuh dengan bebatuan putih seperti karang licin. Anda nantinya perlu berjalan sekitar 200 meter untuk menuju ke pantai ini. Meski sulit dijangkau, rasa lelah dan was-was anda akan terbayar sudah saat tiba di pantai ini.

Sebenarnya juga ada jalur lain yang bisa anda tempuh untuk menuju pantai ini. Hanya saja, anda akan memakan waktu cukup lama sebab harus memutar perjalanan dari Donomulyo ke Dusun Sumber Blimbing. Dengan waktu sekitar satu jam melalui jalur memutar, anda bisa mendatangi Pantai Kondang Bandung. Akan tetapi, perjalanan yang cukup jauh dapat hilang dengan pesona pantainya. Dijamin anda betah berlama-lama di pantai yang cantik dan unik ini.

Wisata Pantai Kondang Bandung

Di pantai ini terdapat pasir besi yang menyebar luas di sepanjang pantainya. Pasir besi sekitar 500 meter ini membuat Pantai Kondang Bandung lebih unik dari pantai yang lainnya. Hamparan pasir hitam Pantai Kondang Bandung sangat bersih dan mengkilap. Pasir hitam ini tersebar secara menyeluruh di sela-sela pasir putih. Dengan begitu, jika dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti kilatan pasir yang menyala. Akan tetapi, anda harus waspada saat mengunjungi pantai ini. Hal ini dikarenakan pasir pantainya bersuhu sangat panas. Maka dari itu, anda jangan sekali-sekali menginjak tanpa alas kaki.

Perlu untuk anda ketahui, pasir besi di Pantai Kondang Bandung kaya akan kandungan mineral opak yang bercampur dengan butiran non-logam seperti halnya kalsit, feldspar, kuarsa, ampibol, biotit, dan tourmaline. Sementara mineral biji pasir besinya diantaranya yaitu titaniferous magnetit, magnetit, serta hematite. Fungsi utama dari pasir ini ialah untuk bahan semen. Pastikan anda liburan di Pantai Kondang Bandung yang ada di Malang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here