Olahan daging ayam selalu mampu menggugah selera. Daging ayam itu sendiri seringkali menjadi bahan utama dalam beragam masakan, baik kuliner khas Nusantara maupun mancanegara. Adapun salah satu sajian kuliner yang menggunakan daging ayam sebagai bahan baku utamanya ialah ayam geprek crispy. Seperti yang diketahui, ayam geprek termasuk kuliner yang tengah booming saat ini. Ada banyak alasan mengapa ayam geprek sangat populer. Salah satu alasannya ialah karena cara membuat ayam geprek crispy yang mudah.

Kemudahan dalam cara membuat ayam geprek crispy ini dilatarbelakangi oleh banyak hal. Pertama, bahan-bahannya yang mudah didapat. Kedua, proses pengolahannya yang tidak memakan banyak waktu dan simple. Ketiga, daging ayam yang memang mudah dikreasikan. Dengan begitu, anda bisa mencoba membuat ayam geprek ini sendiri di rumah. Nikmati sajian ayam geprek yang renyah, gurih, dan pedas ini bersama keluarga tercinta.

Cita rasa ayam geprek crispy ini diperkaya dengan baluran bumbu-bumbu yang menggugah selera. Indonesia memang kaya akan rempah-rempah yang membuat cita rasa masakannya selalu bikin ketagihan. Popularitas ayam geprek ini pun tak main-main. Hampir semua wilayah di Indonesia menyediakan menu kuliner ayam geprek yang hits ini. Ayam geprek crispy yang disuguhkan pun beragam. Mulai dari ayam geprek crispy sambal bawang, ayam geprek crispy pedas, ayam geprek crispy bawang merah, ayam geprek crispy bawang putih, dan masih banyak lainnya.

Cara Membuat Ayam Geprek Crispy

Untuk anda para pecinta kuliner olahan daging ayam, anda jangan sampai melewatkan sajian ayam geprek crispy ini. Selain membelinya, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Langsung saja, berikut kami bagikan cara membuat ayam geprek crispy selengkapnya untuk anda.

Bahan ayam geprek sambal bawang :

  • 4 potong daging ayam bagian paha atau dada
  • 2 sachet (@80 gr) tepung bumbu sasa ayam krispi ala kentucky
  • 8 sdm air es
  • minyak goreng secukupnya

Bahan sambal bawang merah :

  • 4 cabe merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 16 cabe rawit merah (bisa campur hijau)
  • 12 butir bawang merah kecil
  • 1 sdt gula pasir
  • ΒΌ sdt garam
  • 5 sdm minyak goreng panas sisa menggoreng ayam

Bahan sambal bawang putih :

  • 3 siung bawang putih
  • 16 cabe rawit merah
  • garam dan gula pasir atau kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat ayam geprek crispy sambal bawang :

  1. Ambil adonan tepung instan sebanyak 4 sendok makan. Campur dan aduk dengan air es sampai merata hingga menjadi adonan basah. Sementara sisanya bisa dijadikan sebagai adonan kering.
  2. Gulingkan potongan daging ayam secara merata pada adonan kering. Kemudian pindahkan ke adonan basah.
  3. Langkah selanjutnya, pindahkan lagi potongan daging ayam ke adonan kering sembari dibolak-balik. Tekan dan remas-remas sekitar 10 kali. Lakukan teknik meremas yang baik dengan hasil keriting.
  4. Setelah potongan daging ayam bumbui, maka bisa segera digoreng. Masukkan potongan daging ayam ke dalam minyak goreng panas hingga terendam. Goreng potongan ayam tepung dengan api kecil supaya matang merata sampai berwarna kuning keemasan.
  5. Ulek semua bahan sambal secara kasar. Lalu siram menggunakan minyak goreng panas dari sisa menggoreng ayam dan aduk rata.
  6. Sebelum disajikan, ayam goreng crispy bisa ditaruh di atas sambal ulek.
  7. Geprek dengan ulekan sampai hancur remuk. Ayam geprek dengan sambal pedas bisa disajikan bersama nasi putih dan aneka lalapan.

Cara membuat ayam geprek crispy memang mudah dan tidak memakan banyak waktu. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here